WACANA MITIGASI BENCANA BANJIR

"MITIGASI BENCANA BANJIR DI KOMPLEK
BUMI PANYILEUKAN"

Banjir merupakan salah satu bencana alam yang sering terjadi di Indonesia. Komplek Bumi Panyileukan telah menjadi salah satu wilayah langganan banjir. Banjir merupakan bencana alam yang bermula dari adanya hujan yang turun (siklus hujan). Namun akibat beberapa faktor maka dapat timbullah banjir. Mulai dari hujan yang ekstrim yang turun terus-menerus dan juga wilayah yang kurang terdapat pepohon untuk meresap air hujan yang turun. Akibat kedua faktor tersebut, air hujan yang semestinya kembali turun ke laut, menjadi turun ke dataran yang lebih rendah, karena tanah yang dilalui oleh air hujan tidak mampu menyerap air hujan yang turun. Maka terjadilah banjir.
Sadar ataupun tidak, ternyata dalam proses banjir itu sendiri terdapat banyak sekali konsep Fisika. Dari mulai hujan turun, air banjir mengalir, hingga air banjir tersebut diam disutau dataran rendah, semuanya dapat dijelaskan dengan konsep Fisika. Konsep Fluida, yang membahas mengenai zat cair menjadi konsep utama dalam pokok bahasan banjir. Mulai dari Fluida Statis dan Fluida Dinamis, hingga konsep lain seperti Energi Potensial menjadi konsep-konsep Fisika yang berhubungan dengan banjir.
Sekalipun melalui banjir kita dapat mengetahui konsep-konsep Fisika, namun kebanyakan dari banjir yang ditimbulkan akan berdampak buruk bagi lingkungan. Mulai dari timbulnya wabah penyakit, lingkungan menjadi kotor, hingga terputusnya jalur transportasi yang mengakibatkan terganggunya aktivitas warga, dapat menjadi dampak-dampak banjir yang sangat dirasakan oleh para korban bencana banjir itu sendiri. Tak heran jika kita sebagai manusia begitu takut akan munculnya bencana banjir di daerah kita, karena dampak yang ditimbulkannya cukup banyak.
Oleh sebab itu, jika kita ingin terhindar dari bencana banjir, kita perlu menjadi manusia yang cerdas, manusia yang dapat mencegah timbulnya bencana, khususnya bencana banjir dengan cara-cara sederhana, seperti tidak membuang sampah ke selokan, tidak menebang pohon, membuat biopori di halaman rumah, dan bergotong-royong membersihkan sungai sekitar lingkungan rumah hingga melakukan penanaman pohon. Dari hal-hal sederhana tersebut kita dapat membuat lingkungan lebih bersih dan asri, juga kita dapat mencegah terjadinya bencana banjir. Maka dari itu, marilah mulai mencegah bencana banjir dimulai dari hal paling sederhana, dimulai dari diri sendiri. :)

Untuk Makalah yang lebih lengkapnya, insyaaAllah nanti akan kakak post di postingan selanjutnya yaaa. Semoga bermanfaat...☺

0 komentar:

Posting Komentar